Senin, 19 Desember 2011

Selamat Jalan, Mbah...

16 desember, nyokap gue ulangtahun versi ktp nya...

17 desember, adik sepupu gue yang namanya a'yun, juga ikutan budenya. ulang tahun yang pertama..
pas hari ini, lek atik (adik nyokap) mau ngasih surprise buat mbah gue yang lagi sakit. kebetulan, lek atik emang jaraaaaang banget pulang kampung ke jawa. jarang nengokin mbah(ibunya). makanya, lek atik mau ngasih surprise buat mbah. katanya mbak rika, mbah sempet sesek napasnya. tapi masih bisa diatasin seseknya.

ternyata, pas tanggal 18 desember kemarin, mbah udah "jalan"... :-(

pas abis ashar, gue dikabarin sama tante gue yang dijawa(nyokapnya a'yun), kalo mbah gue satu-satunya itu udah gak ada lagi... pas itu, gue lagi dijalan mau balik sama temen gue-Nay. ceritanya, gue abis nyari baju buat foto bts hari selasa(tanggal 20). ditengah jalan, tante gue nelpon. spontan, gue langsung ngebut, buru-buru pulang... nyampe rumah, suasananya mencekam...! 
sedih? gak usah ditanya. pastilah. itu mbah gue satu-satunya.. yang sempet ketemu gue dan sempet gue inget. karena kakek-nenek gue yang dari bokap, udah meninggal pas gue kecil. kakek, sebenernya pernah ngerawat gue. tapi pas itu, gue masih 1tahun. belom bisa nginget apa-apa. cuma ada fotonya, kalo gue digendong sama kakek gue. kalo nenek, udah meninggal lebih dulu dari kakek...
sedangkan mbah lun (mbah kakung) gue, juga udah meninggal sebelum gue ada. gue gak pernah ketemu mereka. cuma mbah monah (mbah putri), yang pernah ketemu gue... pernah ngerawat gue, dan gue inget sampe sekarang... gue inget, mbah tuh sering ngajakin gue jalan-jalan naik sepeda setiap kali gue ke kampung.. walaupun jalan-jalannya cuma ke warung, gue seneng banget duduk anteng di jok belakang sepeda... pas udah gede, hal-hal kayak gitu udah gak mungkin banget. secara, badan gue tambah besar.. dan berat badan gue menambah. haha. kasian juga mbah gue kalo harus boncengin gue... 
semenjak insiden 'jatoh' gara-garta kepeleset, mbah monah sakit. kena stroke. sempet dirawat di rumah gue.. gue yang bantuin mbah kalo mau solat, mau makan, mau tidur... gue sih ngeliatnya kasian.. tapi gue sering kesel sndiri. dan hal itu yang gue seselin pas beliau udah gak ada. :'-( 
kenapa coba gue harus kayak gitu dulu sama mbah gue... dan mbah gue cuma nerima dengan sabar...  
teruuus,, ngerasa udah mendingan, mbah ke jawa lagi. katanya mbah gak betah.. heehe
tapi ternyata, penyakit mbah tambah parah.. terakhir kali gue ke kampung, mbah udah gak bisa ngapa-ngapain.. dulu pas masih disini, mbah masih bisa jalan sendiri, walopun mesti ditemenin... mbah juga masih bisa nyuap sendok sendiri.. bisa nyisir... tapi pas terakhir gue kesana, mbah buat miringin badannya pas tidur aja, minta dimiringin.. buat ngangkat tangannya juga gak bisa... mbah juga tambah kurus... :'-( emang sih dulu mbah ngomongnya gak jelas.. setiap minta tolong sama gue, dan gue gak ngerti, mbah ketawa... dan sebenernya ketawa beliau itu justru bikin gue ngerasa bersalah. "ko gue bego banget sih. moso gak ngerti yang diomongin mbah..." terakhir gue ketemu, mbah masih gak bisa ngomong dengan jelas... dan ternyata, lebaran kemarin, jadi pertemuan terakhir gue sama mbah gue.... 
gue masih inget banget, mbah nangis pas gue sekeluarga mau balik ke tangerang... nangis tanpa suara... tau kan? nangis nya sediiiiiiihhh banget..... tau gak? kayak anak kecil nangis minta dibeliin balon... kejeeeer banget.. tapi No Voice! engga ada suaranyaaa.... saat itu gue pengen nangis, tapi gak bisa. 

sekarang, nyokap lagi dijawa. abis denger berita mbah meninggal. ibu langsung mau kesana. sama bapak, mbak sari, mas joni, dan pastinya sama jagad.. bareng rombongan cibubur, naek mobil. mbah monah rencananya mau dikuburin hari ini jam setengah8. makanya nyokap gue buru-buru.. ternyata, emang engga keburu.. nyokap gue baru nyampe jam 4sore. gak keburu ngeliat mbah.. gue, ngerasain banget sedihnya nyokap gue yang gak sempet ngeliat ibunya buat terakhir kalinyaaa.. andaikan nyokap gue adalah gue, dan mbah monah adalah ibu gue, gue gaktau bisa setegar nyokap gue atau enggak.. 
yah , semoga aja mbah diterima di sisi-Nya.... dan buat semua yang ditinggalkan, termasuk gue, tetep tabah... 
makasih ya mbah, buat semua yang mbah kasih ke tari. tari gak bisa bales semua... tapi, satu hal mbah... tari sayaaaaaaaaaaang bangeeeet sama mbah.. :-) nanti kita ketemu ya di surga nya Allah :-) aaaamiiiiinn... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar